bahanajar
SERI REFERENSI HASIL PENELITIAN: BEBERAPA ABSTRAK PENELITIAN TENTANG PERSEPSI SISWA
1. Judul Tesis: HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU
DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Peneliti Mamat Rahmat, Jenjang S-2, Gelar Magister
Pendidikan, Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia,
Tahun Terbit 2012)
ABSTRAK
Keterampilan dasar seorang guru
dalam menyelenggarakan proses pembelajaran dikelas merupakan salah satu syarat
utama bagi seorang guru dalam mengupayakan hasil yang lebih baik dari
pembelajaran yang dilaksanakannya, yang merupakan tugas dan kewajibannya sebagai
pendidik professional. Penelitian
ini bertujuan untuk mengungkap hubungan persepsi siswa tentang keterampilan
mengajar guru dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada
kompetensi Dasar-Dasar Kelistrikan Program Keahlian Teknik Elektro di Sekolah Menengah
Kejuruan di Indramayu. Penelitian
ini merupakan penelitian survey dengan metode korelasi melalui teknik analisis
kolrelasional. Populasi target dalam penelitian ini berjumlah 108 yaitu siswa
kelas XI Teknik Elektronika Industri SMK di Kabupaten Indramayu, dengan 76
orang diantaranya dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen pengumpulan
data dalam penelitan berupa kuesioner untuk variabel persepsi terhadap
keterampilan mengajar guru dan motivasi siswa, sedangkan untuk hasil belajar
siswa menggunakan tes objektif berprestasi. Hasil penelitian Hasil penelitian : (1) terdapat hubungan antara
X1 dengan Y (ry1 = 0,433 α : 0.05) dengan persamaan regresi %4; =
29 + 0.43 X1. (2) terdapat hubungan antara X2 dengan Y (ry2 = 0,505
α : 0.05) dengan persamaan
regresi %4; = 23 +
0.38 X2. (3) terdapat hubungan antara X1 dan X2 dengan Y (ry.12 = 0,508 α :
0.05) dengan persamaan regresi %4; = 20 + 0.09 X1 + 0.33 X2. Dengan adanya hubungan antara
persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi berprestasi
dengan hasil belajar siswa, maka agar hasil belajar lebih baik guru harus
selalu meningkatkan kompetensi profesionalnya terutama pada proses belajar
mengajar sesuai dengan tugasnya yaitu: mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Sumber : http://repository.upi.edu/tesisview.php?no_tesis=1
2. Judul Tesis : KONTRIBUSI
KEMAMPUAN AWAL DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA KELAS IMERSI Studi pada Kelas Imersi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas
X SMAN 1 Cawas dan SMAN 2 Klaten (Peneliti Sri
Astuti, Jenjang S-2, Gelar Magister
Pendidikan, Jurusan Pengembangan Kurikulum , Universitas Pendidikan Indonesia,
Tahun Terbit 2012)
ABSTRAK
This
research is based on the understanding of various factors which determine
students’ success. One of those factors is students itsef as an instruction
subject, that greatly affects in attaining the learning outcome.The
general objective of this research is to obtain an empirical description of factors
that affect learning outcome in immersion class.The spesifics objectives of
this study are:1)to measure the contribution of the students’ prior achievement
towards to learning outcome in immersion class.2)obtaining the
contribution description of students’ perception about the quality of the
instruction in immersion class towards to the achievement.3)obtaining the
contribution description of the prior achievement and students’perception about
the quality of the instruction in immersion class toward to the learning
achievement of the economics. This is an descriptive quantitave research with
survey method.Data of this study are studens’ achievement and students’
opinion. In this research students takes part as respondent. The research
findings show:1) variabel of the prior achievement has negative contribution to
the achievement as -0.149, 2)students’ percepeion about the quality of the
instruction in immersion class positively contribute as 0.19 to the
achievement.3). prior achievement and student’s perception about the quality of
the instruction together contribute to the students’ achievement.
Recommendation are:1) to school: a) implement a further internal policy after
analyzing of the influencing component of the prior achievement, such as
determinng standart to decide the position of each school; b).giving the
teacher equal opportunity to build up their capcity.c) implementing co teaching
among the teachers, and expernal party (native speakers who master subject
matter. 2) to teacher: a) teachers must build up their foreign language
literacy and skill practise b) teachers involve the students to determine
learning material in order to accomadate students’ need,c) teacher must have
self-awareness to coordinate each other.3) to same field researcher must
examine thoroughly the other factors which more dominantly affect to learning
results.
Sumber: http://www.repository.upi.edu/tesisview.php?no_tes
3. Judul Tesis : PENGARUH
SELF REGULATED LEARNING DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPS BERDASARKAN TAKSONOMI
SOLO (Peneliti Dessy Ningrum E.P. Sari,
Jenjang S-2, Gelar Magister Pendidikan, Jurusan Pendidikan IPS, Universitas
Pendidikan Indonesia, Tahun Terbit 2012)
ABSTRAK
Penelitian
ini terkait dengan isu permasalahan IPS yang munscul di lapangan (sekolah)
yaitu, masih rendahnya hasil pembelajaran IPS di sekolah dan adanya
ketidaksiapan dari guru-guru yang ada di sekolahnya untuk membelajarkan IPS
secara terpadu. Dalam keadaan tersebut bagaimana siswa dapat belajar dengan
baik dengan melakukan Self Regulated Learning yang baik dan apakah siswa
memiliki persepsi bahwa guru-guru telah mengajar IPS secara profesional agar
tujuan belajar dapat tercapai dan mampu meningkatkan hasil belajar dalam bentuk
penguasaan konsep IPS, penguasaan konsep pada penelitian ini akan dianalisis
berdasarkan taksonomi SOLO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode survei eksplanasi dengan teknik deskriptif dan analisis data
kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri se-kota
Malang, penentuan sampel menggunakan teknik random sampling sejumlah 400 orang
siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari 2 angket
dan 1 tes uraian berupa 1) kuesioner tentang Self Regulated Learning yang
dikembangkan oleh Paul R. Pintrich 2) Angket persepsi siswa tentang profesionalisme
guru dan 3) tes soal uraian penguasaan konsep IPS bedassarkan taksonomi
SOLO. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0
for windows. Teknik pengujian data dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linier ganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Self
Regulated Learning dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh
signifikan terhadap penguasaan konsep IPS berdasarkan taksonomi SOLO. Dari
hasil tersebut disimpulkan bahwa masih ada faktor lain yang berpengaruh
terhadap penguasaan konsep IPS sehingga diharapkan siswa dapat
meningkatkan Self Regulated Learning masing-masing dalam belajar. Guru
berperan penting dalam memberikan arahan, bimbingan dan untuk mencapai
keberhasilan dalam belajar, gurupun harus memperhatikan tingkat berfikir,
kemampuan dan kondisi siswa dan senantiasa memberikan motivasi belajar bagi
siswanya.
This
research based on the issues of both low quality of learning result in Social
Science Subject and not readiness of the teachers to teach the subject in
integration.this situation leads the study to investigate how students can be
learn well by apllying a good perceptions on teacher’s professionalism in
teaching Social Science subject so that the objectives of learning can be
attained and the learning is enable to improve student’s understanding in the
form of Social Science mastery concept. Social science subject mastery concept
analysis based on solo taxonomy. The method used in this research is
explanation survey method and the techniques employed are descriptive and
quantitative data analysis. The population taken is nine grader students of
public Junior High School in the entire the city of Malang. Random sampling is
used to determine the sample of the research, resulted in 400 students.
Instruments used to collect data consists of 1) Questionnaire on Self Regulated
Learning developed by Paul R. Pintrich 2) Questionnaire on the perception on
teacher’s professionalism 3) essay test on Social Science mastery concept beased
on SOLO taxonomy. The data is then collected and analyzed by using SPSS program
16.00 for windows. The data is then tested by employing multiple regression
analysis and hypothesis testing. The result shows that self regulated learning
and student’s perception on teacher’s professionalism have a significant
influence on Social Science mastery concept which is based on SOLO taxonomy. It
is concluded that there is another factor contributed to the mastery concept of
Social Science subject to then support students improving their self regulated
learning. Furthermore, the teacher plays an important role to guide and
consider students level of thingking and conditon as well as to continually
motivate the students to learn.
No comments